Jumat, 14 Februari 2014

[STORY] Pengalaman Mengikuti Tes CPNS Part 2

Yang belum baca Part 1 nya, baca dulu ya di sini.
 
Di tes TKB aku mulai bingung nih mau belajar dari mana. Setauku tes TKB itu berhubungan dengan bidang yang kita ambil, misalnya aku ambil bidan nah tesnya soalnya tentang kesehatan/kebidanan. Nah kalo belajar dari buku satu per satu kok ya ribet banget, akhirnya aku nemu situs cpns online dan aku daftar di situ. Soal-soalnya lumayan banyak, ada materinya juga, tips-tipsnya juga. Aku baru sadar kenapa kok nggak daftar dari sebelum tes TKD yaaaa, nggak perlu ribet ngopy paste materi TWK ke word kan, hehehehe. Nah saat H-1, aku dapet kabar dari temenku yang udah tes TKB duluan katanya soal TKBnya nggak ada hubungannnya sama sekali sama kesehatan malah tentang psikotes. Waduuuhhh langsung panik deh tuh, akhirnya aku langsung download lewat HP soal-soal dari cpns online yang tentang psikotesnya, belajar kilat di kereta deh. Saat hari H tiba, soalnya ternyata emang beneran soal psikotes lanjutan. Ada 4 bentuk soal, soal paragraf (kita pilih pernyataannya sesuai di paragraf atau nggak), ada 30 soal waktunya 15 menit; soal hitungan (ini menjatuhkan banget deh, soalnya malah kayak ekonomi), ada 25 soal waktunya 20 menit; soal gambar, ada 50 soal, waktunya aku lupa; dan terakhir ada 225 soal psikotes EPPS. Hemmmm, mateng bener deh pokoknya!!! Oiya di tes TKB ini kita nggak bisa milih-milih misalnya mau ngerjain yang gambar dulu, soalnya ngerjainnya berurutan dan waktunya itu nggak di total keseluruhan misalnya aja soal paragraf ya waktunya cuma 15 menit, kalo udah 15 menit langsung tuh skor kita muncul dan lanjut ke soal selanjutnya. Di tes TKB ini rasanya aku banyak keajaiban deh, hehehehe, gimana nggak aku bilang ajaib, lah persiapannya cuma belajar di kereta tapi nilai TKBku dapet 84, padahal jawabnya juga ngasal, hehehehe, tanganku digerakkin malaikat kali ya saat ngeklik jawabannya, hehehehe. Aku lolos lagiiiii dari 900 orang yang lolos 175 orang untuk lanjut ke tes wawancara. 

Di tes wawancara ini udah ada form pertanyaan yang harus diisi terlebih dahulu. Pertanyaannya tentang motivasi masuk CPNS, kelebihan, kekurangan, pengalaman kerja, pengalaman berorganisasi, seperti itu deh pokoknya. Banyak-banyak cari info pengalaman orang-orang yang udah wawancara kerja. Kalo aku kemarin baca-baca di kaskus, terus di cpns online juga ada tips-tipsnya. Nah wawancara ini wawancara kerja pertamaku nih dan alhamdulillah lancar, pewawancaranya malah banyak tanya seputar kepribadianku, aku disuruh narsis nih ceritanya, soalnya suruh nyeritain gimana penilaian orang tua, saudara, teman, dosen, bidan, pasien tentang diriku. Jawab yang jujur tapi tetep harus pilih-pilih dulu jawaban yang pas, jangan terlalu beresiko, misalnya nih ya kita itu orangnya agak males nah saat ditanya kelemahan jangan diceritain dong kalo kita males, dalam kerjaan kalo orang males ya langsung dicoret, pilih kelemahan kita yang justru bisa jadi kekuatan kita kayak jawabanku nih. Aku cerita kalo kelemahanku itu kurang PD kalo berbicara atau berpendapat di depan umum, nah dibahas sama pewawancaranya dan malah dapet kekuatanku yaitu aku itu memperhatikan kualitas, jadi nggak asal berpendapat tapi aku pikirkan dulu isi pendapatku itu, hehehe, gaya banget yakkk. Oiya kata temen ibuku yang psikolog, wawancara itu subjektif banget. Kesan pertama itu penting banget, jadi pake baju yang sopan, rapi, ketuk pintu sebelum masuk, ucapkan salam, berjabat tangan dulu, senyum, pandangan ramah dan menatap si pewawancara. Ah kelupaan nih, sebelum wawancara itu kita disuruh gambar pohon sama orang dulu. Untungnya aku belajar dulu dari cpns online dan temen ibuku yang psikolog, jadinya nggak asal gambar. Ada tuh yang gambarnya keciiiiill banget, terus ada juga yang gambarnya kayak pelukis gitu diarsir-arsir, padahal itu nggak boleh loh, menentukan kepribadian kita.

Daaaaannnn akhirnya tes selesai. Pengumumannya super lamaaaaaaaa banget. Pas tanggal 31 Januari 2014, pengumumannya keluar dan alhamdulillah LOLOS CPNS DKI Jakarta, jadi rangking 1 juga di formasi bidan dari 88 orang. Alhamdulillah banget. Ini aku baru aja pemberkasan dan menunggu panggilan lagi nih paling cepet 3 bulan, lamaaaa bangeeeettt!!! Tapi nggak papa deh, menikmati kota Semarang tercinta dulu :).

Nah itu dia cerita pengalamanku ikut tes CPNS. Emang bener kok kalo mau jadi PNS itu butuh duwit!!! Tapi duwitnya untuk biaya transport, biaya ngurus-ngurus surat, biaya beli paket latihan soal, hehehe. Oiya katanya bulan Maret 2014 ini mau dibuka penerimaan CPNS lagi lo, makanya ayo buruan persiapkan dari sekarang. Yang ikutan emang banyak tapi nggak semuanya siap kan. Di Pemprov DKI ini untung aja seleksinya lengkap banget. Nah kalo di Pemprov Jateng itu cuma TKD aja dan dipilih skor yang paling tinggi, jadi memenuhi passing grade aja nggak cukup, harus bisa dapet skor tertinggi. Banyak-banyak latihan soal, kalo aku ikutan cpns online, soalnya banyak dan diupdate terus, sistemnya udah kayak CAT, ada try outnya juga, daripada di buku cuma itu itu aja soalnya. Yang mau ikutan klik aja gambar di bawah ini ya :).

http://www.cpnsonline.com/?id=rinirinudt

Buat yang mau tanya-tanya komen aja di bawah ya atau boleh inbox di facebook :)
Sukses ya buat yang mau ikutan CPNS selanjutnya dan jangan lupa banyak-banyak berdoa, okeeeeee.

19 komentar :

  1. Mau nanya dong, tes TKB kaya sistem cat gitu ya?
    Trus gimana kesannya udah gabung di pemprov?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sistemnya sama kayak cat...
      ahamdulillah menyenangkan juga :)

      Hapus
    2. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

      Hapus
  2. Penilaian tkb nya seperti apa?
    1 soal berapa point atau bagaimana untuk tiap2 tipe tkb nya?
    untuk lolos ke tahap wawancara, Nilai TKB d gabung dengan TKD ata seperti apa??
    mohon pencerahannya berdasarkan pengalaman. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tkb nya ntar di ranking, mereka udah ada kuotanya gitu....
      1 soal 1 point, lolosnya dilihat dari nilai tkb nya aja
      kl hasil akhir dilihat dr skor TKD + TKB ( TKB yg soal2+hsl wawancara)

      Hapus
  3. Hai sist,, keren bgt yaa kamu bisa lulus jd CPNS di Pemprov DKI.
    Btw, ada tips-tips buat jawab soal TKB, gak?
    Kalo gambar orang dan pohon mesti gambar yg kayak gimana yaa?
    Makasih... Salam kenal... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pokoknya banyak latihan soal aja...
      guntuk gambar orang dan pohon cari deh di google banyak tipsnya ok :)

      Hapus
  4. Mau tanya bentuk spikotes paragraf (kita pilih pernyataannya sesuai di paragraf atau nggak) yang dimaksud seperti apa ya, bisa dicontohkan?
    kalau soal hitungan (ini menjatuhkan banget deh, soalnya malah kayak ekonomi),bisa dicontohkan..

    Semoga Insya Allah bentuk soalnya bisa sama dan mohon doanya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg soal paragraf itu misal ada 1 paragraf buat 3 soal, nah soalnya berupa pernyataan yg kita disuruh milih pernyataannya ada dlm prgrf apa nggak, soal hitungannya waktu itu tentang surplus defisit, trs yg waktu kecepatan jarak tempuh

      Hapus
  5. "Ada 4 bentuk soal, soal paragraf (kita pilih pernyataannya sesuai di paragraf atau nggak), ada 30 soal waktunya 15 menit; soal hitungan (ini menjatuhkan banget deh, soalnya malah kayak ekonomi), ada 25 soal waktunya 20 menit; soal gambar, ada 50 soal, waktunya aku lupa; dan terakhir ada 225 soal psikotes EPPS. Hemmmm, mateng bener deh pokoknya!!! Oiya di tes TKB ini kita nggak bisa milih-milih misalnya mau ngerjain yang gambar dulu, soalnya ngerjainnya berurutan dan waktunya itu nggak di total keseluruhan misalnya aja soal paragraf ya waktunya cuma 15 menit, kalo udah 15 menit langsung tuh skor kita muncul dan lanjut ke soal selanjutnya. Di tes TKB ini rasanya aku banyak keajaiban deh, hehehehe, gimana nggak aku bilang ajaib, lah persiapannya cuma belajar di kereta tapi nilai TKBku dapet 84"

    Tes TKB nya pake CAT kan ? Jadi total jumlah soal berapa ? Kok jumlah soal lebih dari 100 ? yang mana yang benar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pake cat, totalnya 105, emang lebih dr 100 kok

      Hapus
  6. malam mbak,
    soal hitungan dan gambarnya sulit nggk mbak menurut mbak?
    trus wawancaranya brp lama? boleh tau jawaban mbak mengenai motivasi menjadi pns? terimakasih mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hitungannya agak sulit, kl gambarnya gampang ...
      Wawancarabsekitar set jam kyknya ada. Motivasiku jd pns krn peluangnya banyak.

      Hapus
  7. Selamat Sore Mbak Rini,

    Mau tanya boleh ?

    1. TKB menggunakan CAT ?
    2. Utk soal Paragrap seperti Bahasa indonesia ya , bisa ksih contoh ?
    3. Untuk Soal Hitungan seperti soal TKD ( Jual Beli, persenan ) atau benar2 soal ekonomi ?
    4. Untuk Gambar , apakah Bangun ruang yang dibolak balik ?
    5. EPPS nya apakah langsung dalam 1 hari beersama test TKB lainnya ?
    6. Untuk wawancara apakah testnya bersamaan dengan TKB atau beda minggu ?

    Mohon untuk dijawab karena saya juga mau lolos TKB pemrov DKI dan sukses seperti mbak Rini.
    moga Diberi Kelancaran rezeki dan kehidupan yg terbaik dunia dan akhirat untuk Mbak Rini.

    terimakasih.

    BalasHapus
  8. Iya tkb nya pake cat juga, yg soal paragraf itu misal ada 1 paragraf buat 3 soal, nah soalnya berupa pernyataan yg kita disuruh milih pernyataannya ada dlm prgrf apa nggak, soal hitungannya waktu itu tentang surplus defisit, trs yg waktu kecepatan jarak tempuh, gambarnya macem2 sih, itu jg ada kayaknya, epps lngsung stlh tkb, kl wawancara ada jaraknya kok....kan kmrn pengumuman lolos tkb dl baru wawancara...
    Good luck ya...yg penting siap2 aja, nggak jamin jg kl soalnya yg keluar ntar setipe ya...

    BalasHapus
  9. Mau tanya lagi..Memang kelulusannya belum ada dan hanya prepare aja soalnya terkadang suka mendadak. Waktu tahun lalu pada saat pemberkasan,..dokumen apa saja yang harus diperlihatkan dan dilampirkan baik asli dan foto copy..untuk legalisirnya apakah mulai dari SD sampai dengan pendidikan terakhir dan untuk toefl apakah dilegalir juga atau minta update terbaru lagi? soalnya kalo toefl hanya berlaku satu tahun. apakah boleh saya minta file tahun lalu mengenai kelulusan dan pemberkasan tahun lalu..? bila berkenan bisa kirim ke alamat email saya di candra.nawizainaro@gmail.com..thanks sebelumnya

    BalasHapus
  10. Mau tanya kak,
    Tahun lalu apakah syarat ikut tes pake Toefl juga?
    Trus kalo lulus pas pemberkasan butuh legalisir toefl lagi gak kak?
    Soalnya legalisiran toefl saya abis.

    Ini aku lagi jaga jaga aja kak. Barangkali waktu pemberkasannya mepet.
    Terimakasih sebelumnya kak :)

    BalasHapus

Silakan beri kritik dan saran ya ^ ^