Rabu, 12 Februari 2014

[STORY] Pengalaman Mengikuti Tes CPNS Part 1

Haloooooo...

Kali ini postinganku menyimpang dulu dari beauty ya, hehehehe. Banyak yang tanya-tanya tentang tes CPNS nih, makanya aku mau cerita-cerita tentang pengalamanku ikut tes CPNS.
Tahun 2013 kemarin pertama kalinya aku ikut tes CPNS, kebetulan juga baru lulus D IV, jadinya langsung ikutan deh. Aku daftar tes CPNS formasi bidan di 2 tempat yaitu Pemprov Jateng dan Pemprov DKI Jakarta. Seleksi pertama adalah seleksi administrasi. Untuk Pemprov DKI Jakarta seleksi administrasinya nggak terlalu ribet, cukup legalisir ijazah, transkrip nilai, fotocopi KTP. Nah kalo untuk Pemprov Jateng ribet banget deh, butuh SKCK, surat kesehatan, surat lamaran, surat pernyataan, STR (untuk bidan), sertifikat kompetensi, ribet pokoknya deh. Karna ribetnya Pemprov Jateng aku nggak lolos seleksi administrasi gara-gara lupa masukin sertifikat kompetensi, dodolnya dirikuuuu, huhuhu. Makanya harus bener-bener teliti yaaa. Tapi alhamdulillah yang Pemprov DKI Jakarta lolos seleksi administrasi dan melanjutkan ke seleksi selanjutnya yaitu TKD (Tes Kompetensi Dasar). 

TKD ini terdiri dari TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Inteligensi Umum), TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Untuk TKD ini menggunakan sistem CAT, jadi pake komputer, nggak pake LJK. Ketentuan lolos TKD ini melalui passing grade, nggak cuma passing grade keseluruhan, tapi passing grade tiap item juga dilihat. Makanya harus siap semuanya baik TWK, TIU, dan TKP. Untuk TWKnya aku belajarnya agak ribet. Jadi aku nemu akun twitter yang bahas materi TWK, nah aku gabungin jadi satu tuh materi, dari twitter aku copast ke word, hehehe, jujur deh ribet banget dan belajarnya susah gara-gara nggak enak dibacanya, nggak rapi sih, males edit-edit. Terus untuk TIU aku pinjem buku soal-soal TPAnya mas pacar, sebelum hari H tes TKD aku sempetin buat ngapalin beberapa rumus yang emang sering keluar. Dan untuk TKP aku dikit banget persiapannya, nggak punya contoh-contoh soalnya sih. Buat yang belum tau TKP, aku jelasin ya, jadi TKP itu soalnya soal-soal tentang kepribadian kita, kebanyakan sih tentang bagaimana kepribadian kita kalo bekerja nanti. Penilaian di soal TKP ini beda dari soal TWK dan TIU.  Kalo TWK dan TIU kan kalo salah ya 0, kalo benar 1. Nah untuk TKP skornya 1-5.

Sebelum hari H tiba, jaga kondisi badan, tenang, jangan terlalu stress, enjoy ajalah. Jujur aja ya, tes CPNS ini aku ya asal ikutan aja, tapi ya tetep aku persiapkan lah segalanya, cuman ya nggak terlalu berlebihan, semampuku aja. Nah saat hari H tiba, paling tidak datang 30 menit sebelum tes dimulai, bahkan sebelum hari H usahakan liat lokasi tes dulu, jangan lupa bawa kartu ujian sama KTP, lalu saat mengerjakan soal ya tenang aja, tarik napas panjang dulu biar nggak spaneng. Buat yang gampang dulu aja, jangan terlalu sibuk mikirin soal yang susah. Inget!!! soalnya ada 3 macem bentuknya dan waktunya itu rasanya cepeeeeettt banget!!! Jadi perhatikan waktunya ya!!! Pengalaman nih ya jadi ada anak yang terlalu sibuk ke soal hitung-hitungan di TIU, nah padahal masih ada soal TKP yang menanti, alhasil pas waktunya udah slese dia nggak bisa nyelesein TKPnya. Nilai TWK sama TIUnya lumayan tapi nilai TKPnya anjlok gara-gara belum slese, sayang banget kan??? Kalo aku kemarin sih jawabnya asal klik-klik aja, pas soal itung-itungan, udah capek-capek ngitung, e jawabannya nggak ada, yaudah deh jawab yang paling mendekati aja, hahaha, yang penting terisi semua. Tapi alhamdulillah walaupun asal ngeklik dan nggak yakin jawabannya bener, hasil TKD ku kemarin 360 dan aku lolos seleksi TKD. Dari sekitar 6000 orang diambil sekitar 900 orang yang lolos dan lanjut ke seleksi TKB (Tes Kompetensi Bidang).

Lanjut ke Part 2 ya

7 komentar :

  1. teler rin bacanya hahah omg dunia kerja, profesi aja udah kayak mau mati gini garap laporannya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih put, keasikan bercerita nggak sadar kalo jadinya panjang banget, hahahaha, aku jadiin 2 part aja deh...
      emang put, aku pas praktek dulu laporannya juga menggilanikan, total 440 laporan, huuufftt

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya baru bales..
      iya aku ikutan ini nih, nggak penipuan kok, soalnya juga tipe tipenya sama :)

      Hapus
  3. Oiaa rin. Berapa lama pengumuman resmi hasil tes tkd ya?? Lama ga??

    BalasHapus
  4. maaf mbak aku mo tanya,,,twitter ttg tkd itu apa ya?mohon pertolongan

    BalasHapus
  5. Kak berarti nga semua tempat pake STR ya??

    BalasHapus

Silakan beri kritik dan saran ya ^ ^